Sunday, March 3, 2013


Launching Kuliah Online di Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Bersama Ust. Yusuf Mansyur
Jum’at. 1 Maret 2013 pukul 19.30-21.30 WIB

Suasana Jum’at malam di sekitar Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak seperti biasanya, sebelum amghrib are parkir di depan poliklinik yang biasanya sepi terlihat sesak oleh kendaraan bermotor roda dua dan para tukang parkir yang setia mengatur langkah pengendara motor yang akan memarkirkan kendaraannya.
Ustadz Yusuf Mansyur yang terkenal dengan amalan sedekahnya dan acara wisata hati di salah satu stasiun TV tersebut akan datang guna acara Launching Kuliah Online yang akan dibuka mulai 11 Maret 2013 Nanti.

Inilah sekilas isi dari acara malam itu, dimulai dari cerita YM tentang bagaimana susahnya menjadi orang kaya yang menjadi impiannya, YM pernah mengalami jobless, lalu apa yang dilakukan? Mendekatkan diri pada Allah. Ketika YM menjadi pengusaha kecil-kecilan, ia banyak mengalami kepahitan hidup, catatan hutang berlembar-lembar dan banyak lagi kesusahannya untuk mencapai impian jadi orang kaya.
Dengan beriringnya waktu YM meminta izin kepada Ibu dan keluarganya untuk mulai mencari ilmu dan mengajar demi menjadi orang kaya, hal itu sempat membuat keluarganya tercengang, karena bagaimana mungkin bisa jadi orang kaya hanya dengan mengajar, apalagi di pesantren. Menjadi pengajar juga sesuatu yang tidak diinginkan YM sebelumnya.
YM berkeyakinan bahwa orang yang mencari ilmu akan dimudahkan rezekinya, sebaik-baik jalan washilah untuk meminta pada Allah dengan mengajar, dan orang yang belajar doanya maqbul.
Kenap bisa demikian? Karena pelajar posisinya lebih dekat dengan Allah, Allah cinta pada ilmu dan orang yang menuntut ilmu juga dicintai oleh Allah.

Beberapa tips bagi para penuntut ilmu dalam berdoa antara lain:
1.      Berdolah sebelum, sedang dan sesudah belajar, itulah kenapa para murid zaman dulu selalu datang sebelum guru dan berdoa bersama baik sebelum dan sesudahnya
2.      Bagi yang menuntu ilmu hingga seberang negeri maupun seberang pulau(intinya tidak bersama dengan keluarga) berbahagialah, karena kalian di hitung belajar selama 24 jam, masih ingat hadits yang menyatakan bahwa orang yang meninggal dalam perjalanannya mencari ilmu merupakan mati syahid. Dan itu juga berarti bahwa doa kita selalu lebih didengar oleh Allah. Tapi tetap hati-hati, karena sekali melakukan maksiat juga balasan Allah langsung berdampak pada pelakunya.
3.      Jika berdoa, awali dengan kalimat yang menyatakan bahwa kita sedang menuntut ilmu, karena Allah is more than friend. Ungkapkanlah semua yang kita impikan, berkomunikasilah dengan Allah.
4.      Satu hal yang perlu di ingat, bahwa berdoa juga harus dengan keimanan, wujud dari keimanan itu adalah selalu menjalankan perintah Allah. jangan sampai kita selalu menunda sholat, tapi doanya banyak banget dan minta cepat terkabul.
5.      Berdoa di majlis ilmu lebih utama.
6.      Awali doa dengan kalimat hamdalah, istighfar dan sholawat pada Nabi
7.      Mintalah agar didoakan pada para penuntut ilmu, seperti guru yang selalu didoakan murid-muridnya setiap mengajar.

Ada 4 hal yang kita tidak boleh berhenti untuk belajar, yaitu:
1.    Belajar sholat, bagaiman sholat dengan benar, ikhlas dan khusyu’
2.    Belajar tentang Allah, seperti memahami asmaul husna
3.    Belajar tentang Nabi Muhammad Saw
4.    Belajar tentang al-Qur’an dan Hadits

Nasihat mengenai pekerjaan:
Inti dari semua pekerjaan adalah dilakukan dengan ikhlas, ikhlas memiliki banyak perbedaan makna, tapi bagi YM, ikhlas adalah beraharap penuh hanya  pada Allah.
Kenapa harus mendekatakan diri pada Allah dalam mencari kekayaan duniawi?
 “karena Pecinta dunia jika tidak dikenalkan dengan pemilik dunia dan tidak di kenalkan cara yang diperbolehkan mencari dunia, maka dia tetap akan mencari juga walau dengan cara yang salah”
Sehingga, pencari dunia tidak hanya akan meraih kemenangan dunia saja tapi juga kemenangan abadi di akhirat.
Dua kunci agar kita dimudahkan rejekinya:
1.      Menuntut ilmu
2.      Mengajarkannya
Beberapa link YM:

semoga bermanfaat :) 






go to link

No comments:

Post a Comment